PNJ

Politeknik Negeri Jakarta | PNJ

menjadi politeknik unggul bertaraf internasional untuk mendukung daya saing bangsa


Rapat Kerja Satuan Pengamanan PNJ


Tugas Pokok Satuan Pengamanan (Satpam) menurut Perkapolri No 24 Tahun 2007, BAB III, Pasal 6, Ayat 1 adalah menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan/tempat kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi, dan pengamanan teknis lainnya. Seorang Satpam harus bisa memelihara lingkungan tempat kerjanya, sanggup melaksanakan perintah dan peraturan yang berlaku, dan mampu mengatasi perkara. Yang paling penting adalah melakukan pengamanan fisik institusinya, dan dapat mencegah dan mengatasi timbulnya ancaman dan gangguan keamanan, dan ketertiban lingkungan. Objek fisik yang diamankan adalah (1) Asset: benda bergerak, benda tidak bergerak, gedung, harta benda, (2) Personil: pimpinan, pegawai, tamu, rekan kerja, (3) Informasi: data-data perusahaan.

Untuk lebih mendalami tentang tupoksi Satpam tersebut Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) mengadakan Rapat Kerja dalam Rangka Peningkatan Keamanan di Lingkungan Kampus Politeknik Negeri Jakarta. Peserta terdiri dari Direktur PNJ, Pembantu Direktur Bidang Administrasi Umum dan Keuangan (PD 2), Kepala Bidang Administrasi Umum dan Keuangan (KABAUK), Kepala Polisi Sektor (KAPOLSEK) Beji beserta 3 orang anggotanya, dan 31 orang anggota Satpam PNJ. Acara ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 10 April 2017 bertempat di Ruang Rapat A PNJ. Acara pertama yaitu sambutan dari KABAUK, Sri Mulyani, S.Sos, selaku Ketua Panitia yang menyampaikan Laporan Kegiatan Satpam PNJ periode Januari – Maret 2017, kemudian dilanjutkan dengan acara pembukaan oleh Direktur PNJ, Abdillah, S.E., M.Si., dalam pidatonya menyebutkan bahwa tugas utama Satpam adalah menjaga keamanan di lingkungan PNJ, maka Satpam harus menciptakan ketentraman dan kedamaian di dalamnya supaya tercapai kebahagiaan pribadi dan kebahagiaan lingkunganya. Untuk mencapainya kita harus melakukan yang terbaik dalam hidup ini, baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam pekerjaan. Seorang Satpam harus melakukan pelayanan prima kepada siapa saja yang berada di lingkungan PNJ seperti dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan masyarakat yang berkunjung. Dan sesama Satpam harus saling menasehati, menjaga amal soleh, dan selalu sabar dalam menghadapi masalah apapun yang terjadi.

Acara ketiga yaitu sambutan dari KAPOLSEK Beji, KOMPOL Bambang Handoko, S.H., S.Sos., M.Si., yang menjelaskan bahwa sebenarnya tupoksi Satpam sama dengan polisi yaitu menjaga keamanan, ketertiban, dan melayani masyarakat di sekitarnya, perbedaannya hanya pada jangkauan kewenangannya kalau polisi di area/daerah mereka ditugaskan sedang wewenang Satpam hanya berada di lingkungan instansi mereka bekerja. Satpam harus mengetahui dan melindungi semua data yang ada di lingkungan PNJ karena Satpam merupakan garda depan pengamanan sebuah institusi. Kepolisian nantinya akan memberikan pelatihan tentang penanganan suatu kejadian, Satpam harus bisa menangani pemeriksaan awal kejadian, seperti pemeriksaan fisik, pemeriksaan verbal, dan BAP. Setelah pelatihan Kepolisian nantinya akan menunjuk salah satu anggota Satpam yang berkompeten melakukan kegiatan tersebut di setiap instansi mitra kepolisian. Satpam harus memperbanyak wawasan, peka terhadap gangguan keamanan, harus punya ide, insting, dan naluri untuk menangani kejadian, kecakapan dalam pengamatan dan memecahkan masalah kemudian membuat laporan ke polisi. Pelatihan tersebut juga bertujuan meningkatkan mutu kinerja Satpam dalam hal pengamanan, dan menciptakan Satpam yang humanis yang bisa melayani dengan sopan santun tetapi bisa menjalankan aturan dengan tegas. Selanjutnya adalah wejangan dari PD 2, Dra. Lenny Brida, Dipl.TESOL., M.Psi., M.Hum., yang juga menanyakan secara perorangan kepada anggota Satpam PNJ tentang kesediaan menjadi anggota Satpam PNJ, dan yang bisa melakukan kinerja dengan baik dan bermutu dalam menjaga keamanan dan ketertiban PNJ. Acara puncak adalah penyerahan jas hujan secara simbolis ke Komandan Satpam, dan 3 orang Ketua Regu.

Acara ini berjalan dengan lancar dan sukses, semoga setelah mengikuti kegiatan ini kinerja Satpam semakin meningkat mutunya dan semakin semangat dalam menjalankan tugasnya.(anis)