PNJ

Politeknik Negeri Jakarta | PNJ

menjadi politeknik unggul bertaraf internasional untuk mendukung daya saing bangsa


Akreditasi Program Studi D3 Teknik Mesin


Akreditasi merupakan suatu pengakuan publik atau pengakuan pihak luar terhadap pergurun tinggi menggunakan kriteria BAN . Akreditasi bertujuan untuk memberikan garansi kepada masyarakat bahwa perguruan tinggi bersangkutan pantas menyelenggarakan proses belajar mengajar, dan sebagai jaminan bahwa output yang dihasilkan dapat dimanfaatkan oleh dunia kerja. Akreditasi setiap empat tahun sekali harus diperbaharui. Pada tanggal 17-18 Oktober 2016, telah dilaksanakan akreditasi untuk Diploma D3 Program Studi Teknik Mesin PNJ. Sebagai asesor , Ban PT mengirim Dr.Ir. Dipl.Ing. Berkah Fajar dari UNDIP dan Dr. Ing., Wahyu Haryadi Piarah MS.,ME. dari UNHAS. Sebagai ketua pelaksana akreditasi ini Dra. Indriyani Rebet, M.Si., yang merupakan Koordinator Program Studi D3 Teknik Mesin PNJ.

Untuk akreditasi itentunya perlu banyak dukungan dari stakeholder. Menurut Indriyani Rebet tidak sulit untuk menapat dukungan yang dibutuhkan, Dukungan alumni sebagai stakeholder berupa kesediaan alumni berperan aktif dalam tracer study alumni, sumbangan buku untuk perpustakaan, dan menjadi pembicara pada kuliah umum . Dukungan dari industri berupa tracer study kebutuhan industri, kompetensi yang dibutuhkan industri, kuliah umum, kesedian industri menerima mahasiswa untuk on the job training OJT. Dukungan dari mahasiswa dengan adanya kegiatan kemahasiswaan, mahasiswa ikut serta dalam kompetensi tingkat nasional, tingkat asia dan interntional. Dukungan ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan yang memperkuat bahwa Program Studi Teknik Mesin PNJ mampu menyelenggarakan proses belajar mengajar

Kendala utama dalam menyiapkan akreditasi ini adalah kesulitan berkoordinasai dengan team karena jam mengajar yang sangat padat. Harapan Indriyani Rebet kedepan dengan adanya akreditasi ini dapat memperbaiki aktivitas prodi menuju lebih baik lagi sesuai dengan kemajuan teknologi zaman dan teknologi yang mengacu pada borang akreditasi. Akreditasi ini adalah yang ketiga, yang pertama tahun 2008 mendapat nilai A, yang kedua tahun 2012 bernilai B. Harapan setelah visitasi , D3 Teknik Mesin mendapat nilai maksimal dengan predikat A. Semoga. (dayu)