PNJ

Politeknik Negeri Jakarta | PNJ

menjadi politeknik unggul bertaraf internasional untuk mendukung daya saing bangsa


Mahasiswa PNJ Berperan di Ajang IIMS 2016


Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2016 diadakan pada 7 – 17 April 2016 di JIExpo, Kemayoran Jakarta. Pada kesempatan ini sejumlah mobil listrik turut dipamerkan, mobil listrik yang dipamerkan adalah hasil karya mahasiswa dari beberapa univeritas antara lain dari Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Politeknik Negeri Bandung (Polban), Universitas Pasundan (UNPAS), Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. PNJ merasa bangga karena hasil karya mahasiswa bisa tampil pada acara IIMS yang seperti kita ketahui merupakan ajang pameran motor terbesar di Indonesia.

PNJ memamerkan mobil listrik ramah lingkungan yang diberi nama Blue Warrior, kelebihan dari mobil ini adalah adanya transmisi gear box atau kecepatan yang bisa dirubah. Tim Mobil Listrik yang beranggotakan 20 orang ini pernah dilombakan di Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) Polban pada tahun 2015 tapi belum mendapat penghargaan karena masih salah dalam perhitungan transmisi, tapi pada tahun 2016 akan dilombakan lagi di tempat yang sama kata Imam. Anggota tim adalah 14 orang dari Jurusan Teknik Mesin (TM) dan 6 orang dari Jurusan Teknik Elektro (TE) yang diketuai oleh Bagus Andi Saputro mahasiswa Program Studi Teknik Konversi Energi. Waktu pengerjaan Blue Warrior selama satu tahun dimulai tahun 2014 dan sudah menghabiskan biaya sebanyak puluhan juta. Dana tersebut diperoleh dari PNJ, alumni PNJ, PT Asuransi Astra, dan dana pribadi anggota tim, dan dibimbing oleh Ir. M. Thamrin dan Budi Prianto, S.T.

Mobil listrik perlu dikembangkan karena kedepanya bahan bakar mobil dari alam akan habis, maka sebagai alternatif yaitu salah satunya dengan mengembangkan mobil dengan tenaga listrik. Pemerintah juga harus mendukung kegiatan seperti ini, disamping untuk mengembangkan kemampauan mahasiswa juga untuk mengembangkan mobil dengan sumber energi alternatif. Maju terus mahasiswa PNJ dan mahasiswa Indonesia. (anis, danu)