PNJ

Teknik Sipil

politeknik negeri jakarta


Teknik Sipil


JURUSAN TEKNIK SIPIL

Jurusan Teknik Sipil menyiapkan mahasiswa menjadi tenaga ahli menengah profesional dan kompeten, yang mampu mengisi posisi penyelia atau pelaksanan dalam industri konstruksi dengan spesifikasi konstruksi bangunan gedung, bangunan sipil, manajemen konstruksi bangunan gedung serta jalan dan jembatan.

PROGRAM STUDI TEKNIK KONSTRUKSI GEDUNG (Terakreditasi A)

Program Studi Teknik Konstruksi Gedung merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma III, menyiapkan sumber daya manusia profesional dalam bidang konstruksi bangunan gedung seperti perumahan dan gedung bertingkat.

Kompetensi lulusan Program Studi Teknik Konstruksi Gedung antara lain mampu menggambar dan membaca gambar konstruksi bangunan gedung, melaksanakan pekerjaan pengukuran, melaksanakan pekerjaan-pekerjaan konstruksi bangunan gedung, merencanakan elemen-elemen bangunan gedung, melakukan pengawasan pekerjaan konstruksi bangunan gedung, melakukan pengujian-pengujian untuk kontrol kualitas, melakukan perhitungan dan pengontrolan biaya, melakukan kontrak dan hubungan bisnis.

Mata kuliah inti yang diajarkan antara lain adalah Mekanika Teknik, Mekanika Fluida, Mekanika Tanah, Manajemen Konstruksi, Konstruksi Beton, Konstruksi Baja, Konstruksi Bangunan Gedung.

PROGRAM KONSENTRASI MANAJEMEN KONSTRUKSI

(di bawah Program Studi Teknik Konstruksi Gedung)

Merupakan program pendidikan vokasi jenjang Diploma III yang dikonsentrasikan pada bidang Manajemen Konstruksi mulai dari semester 1 (satu). Program Manajemen Konstruksi ini berdiri pada tahun 2005, bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia profesional dan kompeten yang mampu mengelola kegiatan proyek konstruksi mulai dari merencanakan, mengorganisasi, melaksanakan dan mengendalikan, mampu melakukan kontrak konstruksi dan hubungan bisnis serta mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan standar TOEFL untuk lulusan adalah 450.

Materi inti perkuliahan antara lain manajemen konstruksi seperti fungsi manajemen proyek, peraturan pembangunan, ijin-ijin pembangunan, lelang, kontrak konstruksi, klaim konstruksi, penghitungan ekskalasi harga, instalasi lapangan, penjadwalan proyek, perencanaan dan pengendalian proyek, metode konstruksi, dan quantity surveying.

Lulusan Program Studi ini diharapkan mampu mengisi kebutuhan industri konstruksi seperti konsultan manajemen, kontraktor, real estate sekaligus siap berwiraswasta.

PROGRAM STUDI TEKNIK KONSTRUKSI SIPIL (Terakreditasi A)

Program Studi Teknik Konstruksi Sipil merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma III, menyiapkan sumber daya manusia profesional dalam bidang konstruksi bangunan sipil seperti jembatan, jalan, bendung, bendungan, dan pelabuhan.

Kompetensi lulusan Program Studi Teknik Konstruksi Sipil antara lain mampu menggambar dan membaca gambar konstruksi bangunan sipil, melaksanakan pekerjaan pengukuran, melaksanakan pekerjaan-pekerjaan konstruksi bangunan sipil, merencanakan elemen-elemen bangunan sipil, melakukan pengawasan pekerjaan konstruksi bangunan sipil, melakukan pengujian-pengujian untuk kontrol kualitas, melakukan perhitungan dan pengontrolan biaya, melakukan kontrak dan hubungan bisnis

Mata kuliah inti yang diajarkan antara lain adalah Konstruksi Jalan Raya, Mekanika Tanah, Manajemen Konstruksi, Konstruksi Baja, Konstruksi Beton dan Prategang, Hidrolika, Hidrologi, Konstruksi Bangunan Sipil

PROGRAM STUDI PERANCANGAN JALAN DAN JEMBATAN

Program studi ini disingkat PJJ, memiliki 2 konsentrasi yaitu Konsentrasi Jalan Tol serta Jalan dan Jembatan, waktu kuliah selama 8 semester, dengan gelar kesarjanaannya adalah Sarjana Sain Terapan (SST). Program studi ini bekerjasama dengan PT. Bakrie Metal Industri dan PT. Jasa Marga Persero, dengan penerimaan mahasiswa pertama tahun 2004. Kerjasama dengan PT Bakrie Metal Industri dan PT. Jasa Marga dituangkan dalam MOU, dengan kewajiban masing-masing. Jurusan Teknik Sipil PNJ mengadakan kuliah rutin yang terkait dengan teori dasar jalan dan jembatan sedangkan pihak Jasa Marga menyiapkan kegiatan Praktek mahasiswa, Praktek Kerja Lapangan (PKL), Studi Ekskursi, dan pengadaaan dosen-dosen yang terkait dengan ilmu praktis dilapangan yang berhubungan dengan masalah jalan tol.

Mata kuliah inti untuk Konsentrasi Jalan Tol adalah: Geometri Jalan Tol, Konstruksi Jembatan, Sistem Informasi Jalan Tol, Manajeman Jalan Tol, Konstruksi Bangunan Jalan Tol, dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan.

Mata kuliah inti untuk Konsentrasi Jalan dan Jembatan adalah: Konstruksi Jalan Raya, Konstruksi Jembatan, Manajeman Konstruksi, Perawatan dan Perbaikan Jalan, Perawatan dan Perbaikan Jembatan, Konstruksi Bangunan Sipil, serta Rencana Anggaran untuk jalan dan jembatan.