PNJ

Politeknik Negeri Jakarta | PNJ

menjadi politeknik unggul berkelas dunia pada tahun 2029


Aktifitas


Kegiatan kemahasiswaan di PNJ ditujukan sebagai sarana untuk pengembangan potensi diri. Mahasiswa diharapkan mampu mengenali dan mengembangkan potensi yang ada pada dirinya dalam rangka mempersiapkan diri sebagai sarjana yang sujana. Maksudnya sarjana yang tidak hanya mempunyai kemampuan akademik tetapi juga mempunyai kemampuan lain, seperti manajerial, kewirausahaan, komunikasi dan sebagainya, yang tidak diberikan di bangku kuliah.

Kegiatan kemahasiswaan di PNJ terbentuk dalam organisasi-organisasi kemahasiswaan. Secara struktural, bentuk organisasi kemahasiswaan di PNJ adalah student government, dimana Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) berfungsi sebagai lembaga legislatif dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebagai lembaga eksekutif. Sedangkan di tiap-tiap jurusan terdapat Himpunan Mahasiswa Jurusan. Selain itu juga terdapat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berfungsi untuk menampung aspirasi mahasiswa berdasarkan penalaran, keilmuan, minat, bakat dan kegemarannya masing-masing.
Secara umum, ada beberapa bidang peminatan kegiatan kemahasiswaan, yaitu :

  • Pengembangan Skill Manajerial
    seperti Latihan Dasar Kepemimpinan (LK), Pelatihan Manajemen ISO 14000, Pelatihan Manajemen Diri yang diselenggarakan oleh BEM-PNJ dan HMJ secara berkala
  • Pengembangan Kewirausahaan
    seperti Koperasi Mahasiswa Adil
  • Pengembangan Pola Pikir Ilmiah
    seperti kegiatan yang dilakukan oleh UKM Logika, UKM Fikri dan sebagainya.
  • Pengembangan Kewiraan
    seperti UKM Wiramakara PNJ dan UKM Astadeça.
  • Pengembangan Hobi, Seni Olah Raga
    seperti UKM Pencinta Seni dan Kreativitas (Pankreas), UKM Astadeça, UKM Forum Ilmiah dan Kreativitas Islam (Fikri), UKM Polytechnic English Club (PEC), UKM Sepak Bola (Pesoet), UKM Bola Basket (Pocket), dan UKM Taekwondo.
  • Pengembangan Keprofesia
    seperti kegiatan-kegiatan di Himpunan Mahasiswa Jurusan.
  • Pengembangan Jurnalistik
    seperti UKM Gerakan Mahasiswa (Gema) dan kegiatan Pelatihan Jurnalistik (Plastik) yang diadakan rutin setiap tahun melalui kerjasama BEM dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan (HMGP).
  • Pengembangan Kegiatan Keagamaan
    seperti UKM Forum Ilmiah dan Kreativitas Islam (Fikri), Musholla Putri (MP), UKM Persekutuan Oikumene Sivitas Akademika (POSA) dan UKM Keluarga Mahasiswa Katholik (KMK).


Untuk kelancaran aktifitas organisasi, disediakan fasilitas berupa : sekretariat MPM, sekretariat BEM, sekretariat masing-masing UKM, beberapa fasilitas seni dan alat musik, beberapa fasilitas olahraga, serta gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (Pusgiwa) yang khusus ditujukan sebagai penunjang kegiatan kemahasiswaan.